Jumat, 20 September 2013

Rekening Waktu untuk Ayid


Hai, malam. Hari ini aku ingin bercerita. Di Hari Jum'at ini, sehabis pulang shalat jum'at, aku menerima telepon. Telepon berita duka. Saudaraku (teman ayahku, tapi sudah dianggap saudara) meninggal dunia, tepat 20 hari setelah kematiannya. Ia kebar, umurnya sekitar 13 tahun. Tahun ini baru masuk SMP. Cuma ingin meluapkan rasa tersesak di otak dan hati, aku coba buat tulisan untuk saudaraku ini.

Rekening Waktu untuk Ayid

Yid, hari ini purnama
Si Dewi Chandra bersinar dengan anggunnya
Kau pasti suka, Yid
 
Yid, sudah tiga belas tahun kita bersama
Itu artinya 156 bulan kita bercerita
Itu artinya 4680 hari kita berlari
Atau 112320 jam kita bersenda gurau
Mungkin 6739200 menit kita bernyanyi
Sampai  404352000 detik kita saling melindungi

Yid, sudah tenangkah engkau disana?
Apa sudah bertemu Bapak kita?
Bapak yang meninggalkan kita
Dua puluh hari yang lalu?

Sebegitu rindunya kau pada Bapak?

Yid, setidaknya aku bersyukur disini
Setidaknya sakit di tubuhmu terobati
Dan rasa kangenmu terbayar

Yid, sampaikan salamku pada Bapak, ya
Jaga Bapak disana
Biar aku yang jaga Ibu disini
Sampaikan salamku pada bapak

Aku, Ibu, kakak, dan adikmu
senantiasa berdoa
setia untuk berkunjung di tempatmu

Semoga Sang Khalik melindungimu
Dan semoga hari Jum'at ini melindungimu juga

Yid, terima kasih 
atas rekening waktu yang engkau berikan
Kini saatnya aku tutup rekeningku

Aku harus buat rekening baru

Rekening waktu,
Tanpamu, Yid

Selamat Jalan, Yid..

Untuk Farid, yang tengah terlelap selamanya
Disini Fahri, hidup untuk berjuang
Berdoa

0 komentar:

Posting Komentar