Sabtu, 07 September 2013

Tiga Mantra Kehidupan



Pasti udah pernah bacaatau denger lah tentang novel buatan Ahmad Fuadi. Yap, ada tiga buah novel atau bahasa gaulnya novel trilogi. Ada Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna, dan yang baru-baru ini terbit Rantau 1 Muara. Novel yang menceritakan seorang tokoh bernama Alif dari Ranah Minang yang memutuskan. pergi merantau ke Pulau Jawa sampai melintasi berbagai negara. Indonesia, Kanada, Amerika Serikat. Saat kamu baca novel-novel itu pasti bakal nemuin beberapa kata yang agak asing buat kita, seperti Man Jadda Wa Jadda, Man Shabara Zafira, Man Sara Darbi Ala Washala. Apaan sih itu sebenarnya?

Ketiga kata atau lebih gaulnya kita sebutnya "Mantra" itu tadi adalah peribahasa dari Negeri Arab yang intinya membahas tentang perjuangan dan jalan hidup manusia di kehidupan ini. Peribahasa yang sarat akan motivasi, bimbingan, dan nilai-nilai.

Man Jadda Wa Jadda, artinya Siapa yang bersungguh sungguh akan berhasil
Man Shabara Zhafira, artinya Siapa yang bersabar akan beruntung
Man Sara Darbi Ala Washala, artinya Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai

Lagi-lagi kita gak bakal bisa ngukur bagaimana ketepatan kata-kata itu dalam setiap langkah menuju kesuksesan kita. Tidak ada jaminan kalau dengan mengucap "mantra" itu berulang kali bakal cepet sukses. Tapi ada satu hal yang wajib kita tahu. Mantra itu bergantung pada si pengucapnya. Mantra itu bekerja bergantung pada diri kita sendiri. Bergantung pada keyakinan kita, bergantung pada usaha, doa, dan lagi-lagi segala keputusan finalnya bukan di kita lagi, tapi pada Sang Maha Berkehendak..

Bagaimana?

0 komentar:

Posting Komentar